PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN COOPERATIVE LEARNING

Main Author: Dian Lestari, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/332/1/Dian%20Lestari%203315130923.pdf
http://repository.unj.ac.id/332/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi melalui model pembelajaran flipped classroom dengan cooperative learning. Cooperative Learning yang diterapkan dalam penelitian adalah tipe Number Head Together (NHT). Penelitian dilakukan pada Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus sampai keenam indikator motivasi belajar siswa tercapai. Indikator motivasi belajar siswa yang digunakan yaitu minat siswa dalam proses pembelajaran, perhatian siswa selama proses pembelajaran, respon yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru, semangat siswa dalam mengerjakan tugas–tugas belajar, tanggung jawab dalam mengerjakan tugas serta rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Siklus I menghasilkan dua indikator motivasi belajar yang tercapai, yaitu minat siswa dalam proses pembelajaran dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas–tugas belajar, pada siklus II semua indikator telah tercapai. Seiring dengan meningkatnya motivasi belajar siswa, rata–rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Model pembelajaran flipped classroom dengan cooperative learning memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: