ENGLISH LANGUAGE NEEDS OF COMPUTER AND NETWORKING STUDENTS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL: A CASE STUDY AT SMK IN KABUPATEN KOLAKA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kebutuhan Bahasa Inggris untuk siswa program studi tekhnik komputer dan jaringan (TKJ) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode dari penelitian ini adalah desain kualitatif melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bagian ICT PT.Antam Tbk, dan di tiga SMK di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumen-dokumen, sedangkan sumber datanya adalah kepala divisi dan seorang teknisi, guru pelajaran produktif, guru bahasa Inggris, siswa TKJ, dan dokumen-dokumen (SKKNI, silabus pelajaran produktif dan silabus pelajaran bahasa Inggris). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) kebutuhan aktual siswa TKJ dalam belajar bahasa Inggris adalah untuk dapat terampil membaca dan menulis teks prosedur dan laporan, 2) Materi pembelajaran bahasa Inggris yang ada di dominasi oleh bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, pekerjaan kantor, dan pemasaran. Oleh karena itu, materi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan aktual siswa. Materi pembelajaran yang siswa butuhkan contohnya adalah panduan perintah dari komputer, panduan instalasi, petunjuk penggunaan, dan dokumen laporan kerja.