KECENDERUNGAN MEDIA ONLINE PRANCIS TERHADAP PROBLEMATIKA HOMOSEKSUAL DI PRANCIS
Main Author: | MUHAMAD ALVAHRI ARYATAMA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3303/2/ABSTRACT.pdf http://repository.unj.ac.id/3303/3/SKRIPSI%20-%20KECENDERUNGAN%20MEDIA%20ONLINE%20PRANCIS%20THDP%20PROBLEMATIKA%20HOMOSEKSUAL%20DI%20PRANCIS.PDF http://repository.unj.ac.id/3303/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan media online Prancis terhadap problematika homoseksual di Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi dari Morin - Chartier. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga buah artikel dari tiga media online Prancis yang membahas topik mengenai problematika homoseksual di Prancis. Ketiga artikel tersebut diantaranya berasal dari situs Nouvel Observateur yang dilansir pada tahun 2015, lalu sebuah artikel dari situs Libération yang dilansir pada tahun 2014, dan sebuah artikel yang berasal dari situs Huffington Post yang dilansir pada tahun 2015. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah membuat instrumen penelitian berupa kisi – kisi penelitian (grille d’analyse) yang akan digunakan dalam pengisian tabel korpus. Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka tabel korpus. Kemudian mereduksi tiga buah artikel menjadi unit informasi. Selanjutnya, mengelompokan unit informasi berdasarkan kategorinya di dalam tabel korpus. Lalu melakukan uji validitas isi terhadap tiga buah artikel. Selanjutnya menghitung jumlah data yang terdapat di dalam tabel korpus untuk mencari nilai kecenderungannya. Langkah terakhir adalah menganalisis hasil perhitungan yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga buah artikel yang membahas tentang problematika homoseksual di Prancis, telah didapatkan sebanyak 55 unit informasi, 31 diantaranya memiliki kecenderungan negatif, lalu sisanya sebanyak 24 unit informasi memiliki kecenderungan netral. Nilai indeks partialité yang didapatkan sebesar 56,3 %. Sementara itu, nilai indeks orientation globale yang didapatkan sebesar 56,3 % -. Kedua nilai tersebut menunjukan bahwa media online Prancis memiliki kecenderungan negatif. Topik yang paling sering dibahas di dalam artikel mengenai problematika homoseksual di Prancis adalah topik tentang upaya – upaya melawan problematika homoseksual di Prancis, dengan nilai indeks fréquence sebesar 32,7% dan indeks poids – tendance sebesar 54,8 -. Sementara itu, nilai dari indeks tendance – impact dari artikel terkait problematika homoseksual di Prancis sebesar 100 -. Nilai tersebut menunjukan bahwa media online Prancis sangat menentang problematika homoseksual di Prancis melalui artikel yang dipublikasikannya.