HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Korelasi di SD Negeri Utan Kayu Selatan 17 Pagi Kecamatan Matraman, Jakarta Timur)
Daftar Isi:
- Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Utan Kayu Selatan 17 Pagi Kecamatan Matraman Jakarta Timur sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan menyebarkan kuesioner. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan uji hipotesis dan diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,439. Koefisien tersebut jika diinterpretasikan pada nilai r menunjukkan pada tingkat keeratan hubungan sedang dan harga positif menandakan bahwa koefisien korelasi antara X dan Y berbanding lurus. Adapun hasil uji signifikansi korelasi yang dilakukan dengan Uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh thitung = 2,344 > 1,713832 = ttabel, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar PPKn. Hasil ini juga menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan motivasi belajar PPKn siswa. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kecerdasan dan kebutuhan yang dimiliki setiap anak dalam merancang kegiatan belajar sehingga timbul kompetisi yang sehat dan dukungan yang kuat sehingga anak memiliki motivasi belajar.