STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD THE IMPLEMENTATION OF INTEGRATED SKILL APPROACH ON LEARNING ACTIVITIES OF ENGLISH FOR ACADEMIC COMMUNICATION AT ENGLISH DEPARTMENT, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (A SURVEY STUDY)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap implementasi mata kuliah keterampilan English for Academic Communication di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode servei yang melibatkan tiga alat penelitian yaitu angket, wawancara, dan analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang telah mengambil mata kuliah keterampilan English for Academic Communication. Fokus penelitian ini adalah menganalisis implementasi mata kuliah keterampilan English for Academic Communication pada konteks nama mata kuliah, RPKPS, materi, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Berdasarkan persepsi mahasiswa dalam penelitian ini menunjukan bahwa implementasi mata kuliah keterampilan English for Academic Communication tidak terintegrasi. Berdasarkan nama mata kuliah, deskripsi mata kuliah dan RPKPS, mata kuliah ini fokus pada keterampilan menulis dan berbicara. Namun pada pelaksanaannya dalam konteks materi, kegiatan pembelajaran dan penilaian, mata kuliah keterampilan English for Academic Communication hanya berfokus pada keterampilan menulis saja. Berdasarkan persepsi mahasiswa, mahasiswa hanya diberikan materi, kegiatan pembelajaran dan penilaian yang berupa penugasan untuk menulis esai.