PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA GURU SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI DI JAKARTA
Main Author: | R.A MEGA ADINDA KUSUMA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3234/1/SKRIPSI%20FINAL%20R.A%20MEGA%20ADINDA%20KUSUMA.pdf http://repository.unj.ac.id/3234/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap kecerdasan emosional pada guru sekolah dasar luar biasa negeri di Jakarta. Teknik sampling purposive digunakan dalam pengumpulan data, dengan sampel sebanyak 70 orang guru sekolah dasar luar biasa negeri. Emotional Intelligence Questionnare digunakan untuk mengukur variabel kecerdasan emosional, sementara Self Compassion Scale (SCS) untuk mengukur variabel self-compassion. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan self-compassion terhadap kecerdasan emosional pada guru sekolah dasar luar biasa negeri di Jakarta dengan persamaan regresi Y = 116,514 + 0,574X. Pengaruh self-compassion terhadap kecerdasan emosional sebesar 15%.Implikasi dari penelitian ini adalah guru memiliki perasaan terbuka dan mampu berbelas kasih terhadap diri sendiri ketika menghadapi kesulitan saat mengajar anak berkebutuhan khusus