PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI DIRI PADA GURU SEKOLAH DASAR SWASTA DI JAKARTA TIMUR

Main Author: INENG WAHYUNI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3212/1/Skripsi%20Ineng%20Wahyuni%20%281125142146%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/3212/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi diri pada guru sekolah dasar swasta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengukuran resiliensi diri menggunakan alat ukur yang dimodifikasi dari hasil adaptasi oleh Mahesti Pertiwi (2011) dengan reliabilitas 0,71 dan pengukuran efikasi diri menggunakan alat ukur yang dimodifikasi dari hasil konstruk oleh Irvan Hadi (2011) dari teori Bandura dengan reliabilitas 0,95. Prosedur teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 150 guru. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi (Anareg) diperoleh nilai F = 78,135; p=0,000 < 0,05 (signifikan). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan efikasi diri terhadap resiliensi, dengan persamaan regresi Y = 41,248 + 0,920 yang artinya semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pula resiliensi diri, dan sebaliknya dengan pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi diri sebesar 34,6%.