PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP STRES KERJA PADA PENGAJAR MUDA DI GERAKAN INDONESIA MENGAJAR

Main Author: FIANY APRILIA, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3206/1/SKRIPSI%20FIANY%20APRILIA%20FULL.pdf
http://repository.unj.ac.id/3206/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres kerja pada Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar dan sampel penelitian adalah 72 orang Pengajar Muda angkatan 14, 15, dan 16. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres kerja dari teori Robbins dan Emotional Intelligence Questionnaire dari teori Goleman untuk mengukur kecerdasan emosi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis regresi satu prediktor adalah F = 15,462 ; p < 0,05 yang mengindikasikan terdapat pengaruh negatif signifikan dari kecerdasan emosi terhadap stres kerja pada Pengajar Muda yang berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah stres kerja dan sebaliknya. Variabel kecerdasan emosi berkontribusi sebesar 16,9% terhadap variabel stres kerja