PENGARUH RESILIENSI TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS GURU SEKOLAH LUAR BIASA
Main Author: | ASRI NUR OKTAVIANI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3184/1/Asri%20Nur%20Oktaviani.pdf http://repository.unj.ac.id/3184/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi terhadap kesejahteraan psikologis guru sekolah luar biasa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Bisa yang berlokasi di Wilayah I Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang dengan tehnik pengambilan sampel simple random samlping. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala psikologis, yaitu Resilience Scale (RS-14) dan skala kesejahteraan psikologis. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalaha analisis regresi linier dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh resiliensi terhadap kesejahteraan psikologis guru sekolah luar biasa. Pengaruh yang dihasilkan bersifat positif atau searah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi resiliensi akan berdampak dengan semakin tingginya kesejahteraan psikologis guru sekolah luar bisa. Besar pengaruh yang dihasilkan resiliensi terhadap kesejahteraan psikologis adalah 0,182 (18,2%) dan sisanya 81,8% dipengaruhi oleh faktor lain.