PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI JAKARTA

Main Author: APRINI KUMALA SARI LUBIS, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3181/1/Skripsi%20Aprini%20Kumala%20Sari%20Lubis%20%281125143053%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/3181/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi guru terhadap stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Ada 160 subjek penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan efikasi guru alat ukur yang diadopsi dari hasil penelitian yang digunakan Anna Armaini Rangkuti dan Herdiyan Maulana sedangkan pegukuran stres kerja menggunakan alat ukur yang dimodifikasi dari Rezki Pratasiwi. Skala yang digunakan untuk mengukur efikasi guru adalah Teacher Sence Of Efficacy Scale (TSES), dan stres kerja menggunakan Teacher Stress Inventory (TSI). Hipotesis diuji menggunakan analisis regrisi. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara efikasi guru terhadap stres kerja, ditunjukan dengan persamaan regresi Y= 204,091+ -0,206X yang artinya jika stres kerja mengalami penurunan, maka variabel efikasi guru mengalami penaikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pengaruh efikasi guru terhadap stres kerja sebesar 3% dengan taraf signifikan sebesar -0,206 (p<0,05).