Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode concept Sentence dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 231 jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester kedua pada bulan Februari hingga April di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pretest dan posttest dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Uji Fisher digunakan untuk uji homogenitas. Dari hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,24 dan Ftabel sebesar 2,53 berdistribusi dk = 35 pada taraf signifikansi (α = 0,005). Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Fhitung ≤Ftabel, dengan demikian populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh Thitung sebesar 2,190 dan Ttabel sebesar 2,032 dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa Thitung ≥Ttabel sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa pada kelas eksperimen adalah 78,22 lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol dengan rata-rata sebesar 73,72. Dengan demikian, terdapat pengaruh metode concept sentence dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 231 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode concept sentence dengan media audiovisual dalam menulis teks laporan hasil observasi, yang sesuai dengan karakteristik serta kemiripan struktur teks dengan teks tanggapan deskriptif yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Saran yang dapat diberikan adalah pergunakanlah metode concept sentence dengan media audiovisual khususnya pada jenjang SMP, karena siswa akan mengembangkan idenya menjadi lebih mudah, dan media audiovisual ini akan membantu siswa dalam merangsang ide yang lebih luas.