PENGARUH POLA ASUH PERMISIF TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Main Author: | ANISA NURSYAWALIANI ARIFIN, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3153/1/1125154705_Anisa%20Nursyawaliani%20Arifin_Pengaruh%20Pola%20Asuh%20terhadap%20Prokrastinasi%20Akademik%20Pada%20Mahasiswa_Skripsi.pdf http://repository.unj.ac.id/3153/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia akademik, mahasiswa diharapkan dapat mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh dosen. Dengan berbagai aktivitas dan prioritas pada mahasiswa akan menimbulkan prokrastinasi akademik. Dampak dari prokrastinasi akademik akan membuat mahasiswa tersebut terlambat dalam menyelesaikan studinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik ini adalah pola asuh orang tua permisif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh permisif terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiwa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu mahasiswa yang masih tinggal bersama orang tua. Sampel penelitian yaitu 264 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tuckman Procrastination Scale (TPS) dikembangkan oleh Tuckman dan skala pola asuh permisif berdasarkan aspek yang dikembangkan Hurlock. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi. Orang tua yang memberikan kontrol yang rendah dan membiarkan anak melakukan apapun yang diinginkan menyebabkan anak menjadi kurang inisiatif dan kurang produktif yang dapat menimbulkan prokrastinasi. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pola asuh permisif terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa sebesar 56%. Semakin pola asuh mengalami kenaikan, maka semakin tinggi perilaku prokrastinasi pada mahasiswa.