PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP STRES KERJA GURU SLB DI JAKARTA
Main Author: | ANINGGAR TRISNANI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3152/1/SKRIPSI%20ANINGGAR%20T.pdf http://repository.unj.ac.id/3152/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres kerja guru SLB di Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala pengukuran psikologi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 141 responden. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teacher Stress Inventory yang diadaptasi dari Fimian (1988) dan Trait Emotional Intelligence Questionnaire diadaptasi dari Petrides (2001). Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor Hasil Penelitian menunjukan ρ < 0.05 yang artinya, bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap stres kerja guru SLB. Variabel kecerdasan emosi memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap stres kerja yaitu sebesar 27,5%.