HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS X UNIVERSITAS Y
Main Author: | HANAN FADILAH, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3074/1/HUBUNGAN%20REGULASI%20EMOSI%20dengan%20AQ%20pada%20mahasiswa%20yang%20sedang%20menyusun%20skripsi.pdf http://repository.unj.ac.id/3074/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi emosi dengan adversity quotient pada mahasiswa yang sedang dalam proses penyusunan skipsi di Fakultas X Universitas Y. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala pengukuran psikologi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan kriteria subjek adalah mahasiswa fakultas X Universitas Y. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa fakultas X universitas Y yang sedang menyusun skripsi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adopsi instrumen Emotion Regulation Questionnaire (ERQ) dari Gross dan instrumen Quicktake Adversity Response Profile (ARP) dari Stoltz yang telah dimodifikasi untuk setting pendidikan. Uji korelasi dilakukan dengan teknik uji korelasi Pearson. Hasil uji hipotesis 1: nilai p hitung sebesar 0.616 > α 0.05, artinya Ha1 ditolak, menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi regulasi emosi suppression dengan adversity quotient mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Kemudian hasil uji hipotesis 2: nilai p hitung 0.006 < α 0.05, artinya Ha2 diterima, menunjukkan terdapat hubungan yang positif signifikan antara strategi regulasi reappraisal dengan adversity quotient mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi regulasi emosi reappraisal, maka semakin tinggi tingkat adversity quotientnya dalam menyusun skripsi