Perbedaan Efikasi Diri Akademik ditinjau dari Pola Asuh Ayah dan Ibu pada Mahasiswa Salah Jurusan di Fakultas X Universitas Y
Main Author: | GUSTI DELAOKTAVIA ALIFAH, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3072/1/1125153496_Gusti%20Delaoktavia%20Alifah_Perbedaan%20EDA%20Ditinjau%20dari%20PA%20Ayah%20dan%20Ibu%20pada%20Mahasiswa%20Salah%20Jurusan.pdf http://repository.unj.ac.id/3072/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri akademik ditinjau dari pola asuh ayah dan ibu pada mahasiswa salah jurusan di fakultas x universitas y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur pola asuh adalah Parental Authority Questionnaire (PAQ) yang terdiri dari pola asuh otoriter, pola asuh otoritatif dan pola asuh permisif yang dibedakan menjadi pola asuh ayah dan ibu. Pola asuh ini kemudian dikategorikan menjadi 9 kategori. Efikasi diri akademik diukur dengan menggunakan College Academic Self Efficacy Scale (CASES). Hasil penelitian dari 114 subjek menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri akademik subjek berada pada tingkat sedang. Metode statistik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian ini adalah One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,011 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat perbedaan efikasi diri akademik ditinjau dari pola asuh ayah dan ibu pada mahasiswa salah jurusan fakultas x universitas y.