Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana umpan balik guru mempengaruhi teks perbaikan siswa, apa saja umpan balik yang diberikan guru, dan bagaimana siswa memperbaiki teksnya berdasarkan umpan balik yang diberikan. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan studi kasus sebagai metode dan table deskripsi kesalahan tata bahasa dan table deskripsi penilaian konten sebagai instrument. Penelitian ini fokus pada lima kategori dalam tata bahasa (kata kerja, kata benda, article, kesalahan kata, dan struktur kalimat) dan konten. Seluruh kesalahan pada tata bahasa dihitung dan konten dinilai oleh dua penilai. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas tulisan mahasiswa terjadi pada teks-teks revisi dan tes di kedua aspek; tata bahasa dan konten. Akan tetapi, kesalahan pada beberapa kategori dalam tata bahasa (kesalahan kata dan struktur kalimat) masih mengalami peningkatan pada tulisan dalam konteks baru.