ctrlnum 3040
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/3040/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN AJAR 2015/2016&#xD; ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )</title><creator>ILMAN FAUZI, .</creator><subject>Bahasa Perancis</subject><description>Penelitian berupa skripsi berjudul Kemampuan Menulis Bahasa Prancis Melalui Media Gambar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 85 Jakarta Tahun Ajar 2015/2016, ditujukan sebagai sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 85 Jakarta dalam menulis kalimat melalui penerapan media gambar.&#xD; Media pembelajaran yang digunakan adalah media gambar sebagai alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata) untuk menyampaikan pesan atau informasi.&#xD; PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pretest kepada siswa dan mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 52.90. Kemudian, pada siklus I PTK yang menggunakan media gambar menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun demikian ditemukan beberapa masalah yang dihadapi di dalam kelas seperti kurang fokusnya siswa dalam memperhatikan materi. Hasil rata-rata nilai tes menulis pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 58.80.&#xD; Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II dengan menggunakan media gambar berjalan lebih baik, dimana siswa terlihat lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran pada siklus ini. Selain itu siswa juga lebih aktif dalam menjawab pertanyaan peneliti seputar gambar yang ada dan menulis di depan kelas. Peningkatan kemampuan menulis siswa terlihat dari hasil post-test kedua dengan hasil rata-rata 78.75&#xD; Berdasarkan hasil kedua post tes yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa dalam bahasa prancis dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar.</description><date>2016-07-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/8/cover%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/10/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3040/11/SURAT%20PENGESAHAN%2C%20PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> ILMAN FAUZI, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN AJAR 2015/2016 ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>3040</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ILMAN FAUZI, .
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA PRANCIS MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 85 JAKARTA TAHUN AJAR 2015/2016 ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS )
publishDate 2016
topic Bahasa Perancis
url http://repository.unj.ac.id/3040/2/Abstrak.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/5/BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/8/cover%20skripsi.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/10/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/11/SURAT%20PENGESAHAN%2C%20PUBLIKASI.pdf
http://repository.unj.ac.id/3040/
contents Penelitian berupa skripsi berjudul Kemampuan Menulis Bahasa Prancis Melalui Media Gambar Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 85 Jakarta Tahun Ajar 2015/2016, ditujukan sebagai sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 85 Jakarta dalam menulis kalimat melalui penerapan media gambar. Media pembelajaran yang digunakan adalah media gambar sebagai alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata) untuk menyampaikan pesan atau informasi. PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pretest kepada siswa dan mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 52.90. Kemudian, pada siklus I PTK yang menggunakan media gambar menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun demikian ditemukan beberapa masalah yang dihadapi di dalam kelas seperti kurang fokusnya siswa dalam memperhatikan materi. Hasil rata-rata nilai tes menulis pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 58.80. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II dengan menggunakan media gambar berjalan lebih baik, dimana siswa terlihat lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran pada siklus ini. Selain itu siswa juga lebih aktif dalam menjawab pertanyaan peneliti seputar gambar yang ada dan menulis di depan kelas. Peningkatan kemampuan menulis siswa terlihat dari hasil post-test kedua dengan hasil rata-rata 78.75 Berdasarkan hasil kedua post tes yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa dalam bahasa prancis dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar.
id IOS7130.3040
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:18Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:18Z
recordtype dc
_version_ 1686502326060187648
score 17.538404