THE COGNITIVE PROCESSES INVOLVED IN THE ASSESSMENT TASKS OF ELE-SP UNJ ACADEMIC PRESENTATION COURSE: A CASE STUDY
Daftar Isi:
- Evaluasi suatu program pendidikan perlu dilakukan secara regular, termasuk evaluasi terhadap praktek penilaian yang diberikan oleh dosen di dalam perkuliahan. Penelitian ini merupakan bagian dari suatu evaluasi pelaksanaan program perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, JBSing, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian di pendidikan tingkat tinggi pada mata kuliah Academic Presentation.Studi kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian ini dengan instrument analisis dokumen dan hasil wawancara kelompok mahasiswa. Penelitian dilakukan terhadap RPKPS mata kuliah Academic Presentation dan sampel dari 24 mahasiswa yang dipilih secara acak. Praktek penilaian yang dilakukan oleh dosen dikategorikan berdasarkan proses kognitif di taksonomi Bloom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian akhir adalah mengingat (16%), memahami (28%), menerapkan (12%), menganalisis (22%), mengevaluasi (16%), dan mengkreasikan (6%). Hal ini mengimplikasikan bahwa proses kognitif yang paling terlibat adalah kategori memahami yang masih tergolong tingkat berpikir yang rendah. Pada akhir perkuliahan siswa diharapkan mampu untuk mempresentasikan sebuah presentasi dengan lancar dan akurat pada saat yang sama dengan register atau bahasa yang sesuai ekspresi dan memperhatikan etika berbicara dan menggunakan bahasa tubuh dalam presentasi akademik. Oleh karena itu praktek penilaian yang dilakukan di dalam kelas Academic Presentation haruslah dirancang berdasarkan proses kognitif yang diperlukan mahasiswa agar dapat membuat presentasi sendiri.