HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PERSISTENCE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI STUDI KORELASI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI JAKARTA
Main Author: | Fenny Ardianingsih, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/301/1/3415133078_Fenny%20Ardianingsih.pdf http://repository.unj.ac.id/301/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi khususnya gadget seperti handphone menjadi salah satu penyebab turunnya ketekunan siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Guru yang mengajar di sekolah mengeluh akan siswa yang tidak tekun dalam pembelajaran tersebut. Ketekunan siswa dapat diketahui dengan cara mempelajari self-efficacy. Oleh karena itu perlu dilakukannya penelitian hubungan antara self-efficacy dengan persistence dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Jakarta Utara pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei melalui studi korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA, dengan jumlah sampel 140. Berdasarkan perhitungan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, maka didapatkan hasil yang menunjukan data berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan homogenitas menggunakan rumus Bartlett, hal ini menandakan bahwa varians data homogen. Uji hipotesis menggunakan uji regresi diperoleh bahwa model regresi Ŷ = 45,311 + 0,161 X, artinya signifikan dan mempunyai hubungan yang linier. Hasil uji Pearson Product Moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,260. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,067. Berdasarkan koefisien determinasi yang telah didapat menyatakan bahwa self-efficacy siswa memberikan kontribusi terhadap persistence siswa sebesar 6,7% sedangkan 93,3% disebabkan oleh faktor lain.