PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT

Main Author: Gilang Lupitasari, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3008/1/Abstrak%20inggris.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/3/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/4/SKRIPSI%20%20%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/
ctrlnum 3008
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/3008/</relation><title>PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT</title><creator>Gilang Lupitasari, .</creator><subject>Musik</subject><description>Tujuan diadakannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI Bintara Jaya Bekasi Barat.&#xD; Suatu grup angklung yang mengkombinasikan permainan angklung dengan alat musik lain merupakan hal yang jarang ditemui di sekolah - sekolah baik formal maupun nonformal sebagai kegiatan pembelajaran. Namun, salah satu sekolah nonformal untuk anak - anak pemulung dan kaum dhuafa di Bekasi yaitu SEKOLAH KAMI mampu mengadakan pembelajaran tersebut secara rutin.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI, khususnya grup angklung diawali dengan pembentukan grup angklung melalui proses seleksi anggota secara informal. Grup angklung yang kini diteliti merupakan grup generasi kedua. Pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI dilaksanakan di dalam jam sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dalam proses pembelajaran grup angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI, guru cenderung ditempatkan sebagai sumber utama dalam menyajikan materi. Guru menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa agar siswa cepat menyerap materi. Metode yang diterapkan yaitu metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan (drill). Selain itu, pelaksanaan pembelajaran grup angklung lebih bersifat praktikal serta berorientasi untuk mempersiapkan pementasan.</description><date>2016-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/1/Abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/3/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/4/SKRIPSI%20%20%201.pdf</identifier><identifier> Gilang Lupitasari, . (2016) PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>3008</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Gilang Lupitasari, .
title PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT
publishDate 2016
topic Musik
url http://repository.unj.ac.id/3008/1/Abstrak%20inggris.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/3/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/4/SKRIPSI%20%20%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/3008/
contents Tujuan diadakannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI Bintara Jaya Bekasi Barat. Suatu grup angklung yang mengkombinasikan permainan angklung dengan alat musik lain merupakan hal yang jarang ditemui di sekolah - sekolah baik formal maupun nonformal sebagai kegiatan pembelajaran. Namun, salah satu sekolah nonformal untuk anak - anak pemulung dan kaum dhuafa di Bekasi yaitu SEKOLAH KAMI mampu mengadakan pembelajaran tersebut secara rutin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI, khususnya grup angklung diawali dengan pembentukan grup angklung melalui proses seleksi anggota secara informal. Grup angklung yang kini diteliti merupakan grup generasi kedua. Pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI dilaksanakan di dalam jam sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dalam proses pembelajaran grup angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI, guru cenderung ditempatkan sebagai sumber utama dalam menyajikan materi. Guru menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa agar siswa cepat menyerap materi. Metode yang diterapkan yaitu metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan (drill). Selain itu, pelaksanaan pembelajaran grup angklung lebih bersifat praktikal serta berorientasi untuk mempersiapkan pementasan.
id IOS7130.3008
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:18Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:18Z
recordtype dc
_version_ 1686502325955330048
score 17.538404