PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT
Main Author: | Gilang Lupitasari, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3008/1/Abstrak%20inggris.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/3/COVER.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/4/SKRIPSI%20%20%201.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/ |
ctrlnum |
3008 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/3008/</relation><title>PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT</title><creator>Gilang Lupitasari, .</creator><subject>Musik</subject><description>Tujuan diadakannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI Bintara Jaya Bekasi Barat.
Suatu grup angklung yang mengkombinasikan permainan angklung dengan alat musik lain merupakan hal yang jarang ditemui di sekolah - sekolah baik formal maupun nonformal sebagai kegiatan pembelajaran. Namun, salah satu sekolah nonformal untuk anak - anak pemulung dan kaum dhuafa di Bekasi yaitu SEKOLAH KAMI mampu mengadakan pembelajaran tersebut secara rutin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI, khususnya grup angklung diawali dengan pembentukan grup angklung melalui proses seleksi anggota secara informal. Grup angklung yang kini diteliti merupakan grup generasi kedua. Pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI dilaksanakan di dalam jam sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dalam proses pembelajaran grup angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI, guru cenderung ditempatkan sebagai sumber utama dalam menyajikan materi. Guru menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa agar siswa cepat menyerap materi. Metode yang diterapkan yaitu metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan (drill). Selain itu, pelaksanaan pembelajaran grup angklung lebih bersifat praktikal serta berorientasi untuk mempersiapkan pementasan.</description><date>2016-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/1/Abstrak%20inggris.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/3/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/3008/4/SKRIPSI%20%20%201.pdf</identifier><identifier> Gilang Lupitasari, . (2016) PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>3008</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Gilang Lupitasari, . |
title |
PEMBELAJARAN ANGKLUNG DI SEKOLAH KAMI BINTARA JAYA BEKASI BARAT |
publishDate |
2016 |
topic |
Musik |
url |
http://repository.unj.ac.id/3008/1/Abstrak%20inggris.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/3/COVER.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/4/SKRIPSI%20%20%201.pdf http://repository.unj.ac.id/3008/ |
contents |
Tujuan diadakannya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI Bintara Jaya Bekasi Barat.
Suatu grup angklung yang mengkombinasikan permainan angklung dengan alat musik lain merupakan hal yang jarang ditemui di sekolah - sekolah baik formal maupun nonformal sebagai kegiatan pembelajaran. Namun, salah satu sekolah nonformal untuk anak - anak pemulung dan kaum dhuafa di Bekasi yaitu SEKOLAH KAMI mampu mengadakan pembelajaran tersebut secara rutin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI, khususnya grup angklung diawali dengan pembentukan grup angklung melalui proses seleksi anggota secara informal. Grup angklung yang kini diteliti merupakan grup generasi kedua. Pembelajaran angklung di SEKOLAH KAMI dilaksanakan di dalam jam sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dalam proses pembelajaran grup angklung yang berlangsung di SEKOLAH KAMI, guru cenderung ditempatkan sebagai sumber utama dalam menyajikan materi. Guru menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa agar siswa cepat menyerap materi. Metode yang diterapkan yaitu metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan (drill). Selain itu, pelaksanaan pembelajaran grup angklung lebih bersifat praktikal serta berorientasi untuk mempersiapkan pementasan. |
id |
IOS7130.3008 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-02-07T12:27:18Z |
last_indexed |
2020-02-07T12:27:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502325955330048 |
score |
17.538404 |