Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kegiatan belajar mengajar kosakata bahasa Inggris di kelas terjadi pada siswa tahun pertama SMP IT YP IPPI Cakung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar mengajar kosakata di kelas. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kelas, wawancara, dan dokumen. Hasil observasi kelas dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip Pengajaran Kosakata yang dikembangkan oleh Paul Nation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar kosakata bahasa Inggris adalah guru memberi makna dengan menggunakan; terjemahan bahasa pertama, menunjukkan benda / gambar, demonstrasi cepat, contoh kalimat, dan menggarisbawahi referensi. Guru menekankan kata dengan menunjukkan; bagaimana ejaan kata seperti ejaan katakata yang dikenal, memberikan stress pattern dengan kata dan pengucapan, menginstruksikan peserta didik untuk mengulang pengucapan, penulisan kata di papan tulis, dan memperhatikan adanya kesalahan ejaan dalam kata. Guru juga menggunakan baik presentasi lisan dan tertulis, menginstruksikan siswa untuk melihat kamus, melatih peserta didik strategi dalam menebak kata menggunakan konteks, dan memberi pengulangan latihan pada pengucapan. 25 poin aktifitas dilakukan dari total 36 poin kegiatan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini harus disajikan dengan metode yang menarik untuk merangsang inisiatif siswa.