MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER 4 PILAR BERBANGSA DAN BERNEGARA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 12 JAKARTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen ekstrakurikuler 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara di SMA Negeri 12 Jakarta yang meliputi:(1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengawasan; (4) Faktor pendukung keberhasilan ekstrakurikuler 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, koordinator kegiatan ekstrakurikuler, guru pembina ekstrakurikuler 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber..Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara dilakukan setiap awal tahun ajaran baru, hal yang direncanakan meliputi peserta, materi, guru pembimbing, sarana dan dana. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara bertujuan sebagai pembinaan siswa di bidang non akademik serta untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mengenai 4 Pilar, Patriotisme, dan Nasionalisme. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu berupa Pancasila, UUD 1945, GBHN. Metode yang digunakan guru pembina dalam menyampaikan pembelajaran yaitu studi kasus, tanya jawab, dan pemberian tugas. Kegiatan dilaksanakan pada hari selasa setelah jam kegiatan intrakurikuler selesai. (5) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara adalah dukungan yang diberikan pihak sekolah terkait sarana dan prasarana, dan pemberian reward berupa penambahan nilai mata pelajaran.