PENGARUH TEACHER LEADERSHIP TERHADAP ENVIRONMENTAL MORAL BEHAVIOR/EMB (PERILAKU MORAL LINGKUNGAN) SISWA: Studi ExPost Facto terhadap Siswa Kelas X MIA di SMAN 5 Jakarta
Main Author: | Salwa El Nisa, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/296/1/3415131011-SALWA%20EL%20NISA.pdf http://repository.unj.ac.id/296/ |
Daftar Isi:
- Krisis lingkungan saat ini adalah efek dari perilaku manusia dalam menggelola atau memanfaatkan lingkungan tanpa menghiraukan norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya perubahan perilaku manusia dengan penanaman moral lingkungan agar manusia lebih menghargai lingkungan. Pendidikan merupakan salah satu cara merubah perilaku agar lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, guru sebagai pemimpin di dalam kelas diharapkan dapat merubah perilaku moral lingkungan siswa menjadi positif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh teacher leadership terhadap environmental moral behavior/emb siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Jakarta pada bulan Maret 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei melalui studi ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa yang dipilih dengan cara simple random sampling. Hasil pengujian normalitas data dengan uji Kolmogorov-Smirnov diperoleh data kedua variabel berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas dengan uji Fisher diperoleh data dari kedua variabel homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh t-hitung lebih kecil dari t-tabel yang berarti tidak signifikan atau tidak terdapat pengaruh teacher leadership terhadap environmental moral behavior/emb siswa.