Daftar Isi:
  • Skripsi yang berupa penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasif pada teks iklan produk makanan dan minuman dalam majalah Cuisine actuelle edisi Desember 2015-Maret 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui wacana persuasif dalam teks iklan, digunakan teori persuasi yang menyatakan bahwa wacana persuasif dapat menggunakan l’argument scientifique (argumen ilmiah), la phrase interrogative (kalimat tanya), la phrase exclamative (kalimat eksklamatif), la métaphore (metafora), la phrase impérative (kalimat imperatif), dan les mots puissants (kata-kata penguat). Hasil analisis data menunjukan bahwa wacana persuasif pada teks iklan produk makanan dan minuman dalam majalah Cuisine actuelle paling banyak menggunakan kata-kata penguat atau les mots puissants. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan pemahaman lebih mendalam tentang wacana persuasif. Dalam pembelajaran, teks iklan dapat digunakan sebagai media yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide dalam membuat wacana persuasif pada mata kuliah Production Orale dan Production Ecrite, serta keterampilan menyimak pada mata kuliah Réception Ecrite.