PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT BAGI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 20 JAKARTA TIMUR
Main Author: | DHIFA LESTARI NURRIZKY, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/2935/1/Skripsi%20Dhifa%20%201.pdf http://repository.unj.ac.id/2935/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab, dengan menggunakan media Media Power Point Di Mts. Negeri 20 Jakarta Timur Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Mts Negeri 20, Jakarta Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Tsanawiyah Yang berjumlah 44 Orang. Pembelajaran Bahasa Arab berlangsung pada Semester 2, Tahun ajaran 2015 - 2016 dengan menggunakan media Power Point sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh saat proses pembelajaran dengan menggunakan media Power Point pada siklus I hasil belajar Bahasa Arab pada keterampilan Membaca dan Menulis, 63.64% mencapai 91% pada siklus II. Pada keterampilan Menyimak dan Berbicara 43.18% mencapai 88.63%. Hasil instrument pemantau tindakan aktifitas guru pada siklus I yaitu 68.57% dan mencapai 85.71% pada siklus II. Hasil instrument pemantau tindakan aktifitas siswa pada siklus I yaitu 54.67% dan mencapai 72% pada siklus II. Dan peneliti menemukan bahwa penggunaan media Power Point secara terus menerus dapat menyebabkan siswa menjadi bosan dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode yang bermacam-macam dalam penggunaan media Power Point di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dengan menggunakan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab.