Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh model pembelajaran sentra terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Riyadhul Jannah, Pancoran Jakarta Selatan pada bulan April dan Mei 2018. Metode penelitian menggunakan Expost Facto. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun, pancoran dan dibagi menjadi kelompok coba di TK Riyadhul Jannah dan Kelompok Pembanding di RA Al-Ishlah, Pancoran. Teknik pemngambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis thitung = 11.47 dan ttabel = 2.131 (α = 0,05, n= 16 dan dk= 30), yang artinya H0 ditolah dan H1 diterima. Dengan demikian, kesimpulan yang diperoleh adalah kepercayaan diri pada siswa kelompok coba lebih tinggi dibandingkan dengan kepercayaan diri pada siswa kelompok pembanding, yang artinya model pembelajaran sentra berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun.