PENGEMBANGAN BUKU NON TEKS PENGAYAAN ALAT INDERA “TELINGA” MANUSIA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA SD KELAS IV
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku pengayaan pengetahuan IPA berjudul “Ayo Mengenal Telinga Manusia” berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Penelitian menggunakan siswa kelas IV SD sebagai responden. Teknik pengembangan yang digunakan adalah teknik pengembangan model Rowntree. Pengembangan dilakukan melalui tiga tahapan (1) Perencanaan, (2) Persiapan Penulisan, serta (3) Penulisan dan Penyuntingan. Teknik evaluasi yang digunakan adalah expert review dengan lima ahli, uji coba face to face tryouts dan uji coba field trials. Hasil penelitian buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan dinilai sangat baik dengan persentase 98,33% pada uji coba field trials. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual merupakan produk yang valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi siswa maupun guru pada pembelajaran IPA materi indera pendengaran manusia.