Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan hasil 6-10 melalui metode bermain robomath pada peserta didik tunagrahita kelas 4 di SLB Negeri 4 Jakarta. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Dilaksanakan dalam 10 kali pertemua yang terbagi ke dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain dengan robomath dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan penjumlahan dengan hasil 6-10 pada peserta didik tunagrahita. Skor rata-rata kemampuan matematika peserta didik pada tahap tes kemampuan awal tercatat sebesar 39%. Pada akhir siklus I, setelah diberikan tindakan menggunakan bermain robomath kemampuan matematika peserta didik meningkat menjadi 64%. Kemampuan matematika selanjutnya meningkat lagi menjadi 91% pada akhir siklus II. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa bermain robomath dapat membuat proses pembelajaran mudah, menyenangkan dan menumbuhkan percaya diri pada peserta didik tunagrahita. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa bermain robomath dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada peserta didik tunagrahita.