KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN BERMAIN OPERA (Studi Kualitatif di TK Trilili, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan bermain opera di TK Trilili yang dilaksanakan pada bulan November 2017- Januari 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada anak usia 5-6 tahun di TK Trilili. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, display data, verifikasi/kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan bermain opera di TK Trilili terlihat dari antusias anak dalam mengikuti kegiatan opera, kesadaran akan tokoh yang diperankan, adanya inisiatif serta improvisasi yang dilakukan, mengingatkan teman yang salah, serta berekspresi ketika memainkan peran. Pembentukan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun terlihat dari anak menjadi berani untuk tampil di depan umum, anak mengemukakan pendapat ketika belajar, anak mengingatkan teman, serta mampu mengerjakan tugas apapun yang diberikan guru. Strategi yang dilakukan guru untuk membantu menumbuhkan kepercayaan diri anak dalam kegiatan bermain opera diantaranya memberikan motivasi, pujian, melakukan evaluasi harian, serta menyiapkan kostum dan properti yang sesuai dengan kebutuhan anak.