TYPES OF TEACHER’S QUESTIONS FOR IMPROVING STUDENTS’ PARTICIPATION IN ENGLISH CLASS ( A Case Study at SMP Negeri 91 Jakarta )

Main Author: Conny Nurfitriany, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2903/1/skripsi%20CONNY%20NURFITRIANY_2215126178.pdf
http://repository.unj.ac.id/2903/2/CV%20CONNY%20NURFITRIANY.pdf
http://repository.unj.ac.id/2903/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki jenis-jenis pertanyaan guru untuk meningkatkan partisipasi para siswa di kelas bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang berfokus pada sebuah studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru dan respon-respon siswa selama proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 91 Jakarta. Data dalam penelitian ini diambil melalui observasi kelas sebanyak 5 kali observasi dan wawancara. Alat-alat dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara dari bulan April sampai Mei 2016. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris dan 11 orang siswa dari kelas 8 yang diambil melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih sering menggunakan jenis-jenis pertanyaan pada level kognitif yang rendah. Terhadap tingkat kognitif yang rendah berdasarkan Taksonomi Bloom (versi yang direvisi), 69% pertanyaan ada pada level remembering. Kebanyakan siswa merespon pada jenis pertanyaan tingkat rendah, sebaliknya hanya beberapa siswa yang merespon pada jenis pertanyaan guru tingkat tinggi. Partisipasi para siswa pada observasi ketiga menunjukkan persentase tertinggi (41%) pada level Remembering, sedangkan persentase terendah dari partisipasi siswa ada pada observasi kedua (12%) dan observasi keempat (12%). Dari beberapa perbedaan yang ditemukan di hasil temuan dan wawancara, peneliti memilih data dari hasil temuan, karena hasil temuan itu berdasarkan penelitian atau berdasarkan fakta yang ada di lapangan selama proses belajar mengajar. Data dari hasil penelitian telah menunjukkan keabsahannya dan keujiannya.