Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat sebanyak38 siswa. Model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan salah satu model untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Berdasarkan data sikap ilmiah pada siklus I, siswa yang masuk kategori sikap tinggi dan sangat tinggi sebesar 73,7%. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 94,7%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I adalah 83,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,3%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat menjadi lebih baik.