Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara deskriptif mengenai studi analisis tutor dalam membangun motivasi belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Faradika Jakarta Timur. Studi analisis tutor pada dasarnya terkait dengan kompetensi tutor dalam merancang suatu pembelajaran dan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi warga belajar hingga mereka termotivasi dan berminat untuk terlibat dalam proses pembelajarn secara aktif. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu terkait dengan gambaran proses tutor dalam membangun motivasi belajar warga belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Faradika Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memaparkan suasana pada fokus penelitan yang dikaji oleh peneliti. Data yang diperoleh dapat dideskripsikan sesuai kejadian yang terjadi ditempat penelitian. Penelitian ini diimplementasikan di PKBM Faradika yang beralamat di Jln. Cipinang Kebembem V no. 32, Pisangan Timur, Jakarta Timur, terhitung dari bulan Januari sampai dengan bulan July 2018. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang tutor program pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Faradika Jakarta Timur. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berbentuk wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dengan mendeskripsikan data secara naratif hasil wawancara dengan informan.,