ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM – COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI REDOKS DAN TATA NAMA SENYAWA KIMIA

Main Author: Catur Ahda Darojatun, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/283/1/3336159164_CATUR%20AHDA%20D.pdf
http://repository.unj.ac.id/283/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soft skills siswa pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia melalui model pembelajaran flipped classroom-collaborative learning. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 54 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara, lembar observasi, reflektif jurnal, catatan lapangan, kuesioner serta tes evaluasi. Flipped classroom-collaborative learning adalah model instruksional dimana siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas melalui video pembelajaran, kemudian kegiatan belajar di dalam kelas akan dilakukan pembelajaran kolaboratif yang menekankan pada aktivitas siswa dalam kelompok, meliputi bekerja sama, sharing knowledge, mengkonstruksi pemahaman bersama, dan bertanggung jawab terhadap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan tiga dari lima soft skills siswa muncul meliputi keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan literasi TIK. Sementara keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah seta berpikir kreatif tidak muncul. Penerapan model pembelajaran ini memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi pelajaran di dalam mapupun di luar kelas, mereview materi pelajaran, membantu siswa yang pasif, dan dapat digunakan sebagai panduan dalam mengerjakan tugas serta mempersiapkan tes. Selain itu, model ini juga berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci :