MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)
Main Author: | Oktaviana Nurhidayah, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/2803/1/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/2803/2/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf http://repository.unj.ac.id/2803/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/2803/ |
ctrlnum |
2803 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2803/</relation><title>MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)</title><creator>Oktaviana Nurhidayah, .</creator><subject>Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2803/1/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2803/2/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2803/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Oktaviana Nurhidayah, . (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2803</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Oktaviana Nurhidayah, . |
title |
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat) |
publishDate |
2018 |
topic |
Penelitian Tindakan Kelas |
url |
http://repository.unj.ac.id/2803/1/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/2803/2/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf http://repository.unj.ac.id/2803/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/2803/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat. |
id |
IOS7130.2803 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-02-07T12:27:16Z |
last_indexed |
2020-02-07T12:27:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502324708573184 |
score |
17.538404 |