MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)

Main Author: Oktaviana Nurhidayah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2803/1/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2803/2/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/2803/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2803/
ctrlnum 2803
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2803/</relation><title>MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)</title><creator>Oktaviana Nurhidayah, .</creator><subject>Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2803/1/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2803/2/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2803/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Oktaviana Nurhidayah, . (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2803</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Oktaviana Nurhidayah, .
title MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)
publishDate 2018
topic Penelitian Tindakan Kelas
url http://repository.unj.ac.id/2803/1/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2803/2/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/2803/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2803/
contents Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.
id IOS7130.2803
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:16Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:16Z
recordtype dc
_version_ 1686502324708573184
score 17.538404