THE COGNITIVE LEVELS OF READING COMPREHENSION TASKS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVENTH GRADERS

Main Author: Alvi Syahar, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2793/1/SKRIPSI%20ALVI%20SYAHAR%202215121568.pdf
http://repository.unj.ac.id/2793/
ctrlnum 2793
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2793/</relation><title>THE COGNITIVE LEVELS OF READING COMPREHENSION TASKS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVENTH GRADERS</title><creator>Alvi Syahar, .</creator><subject>Bahasa Inggris</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis tingkatan ranah kognitif pada tugas pemahaman membaca berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dan relevansinya dengan kurikulum 2013 di buku bahasa Inggris untuk siswa kelas 11. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Juli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Data dari penelitian ini adalah 218 tugas pemahaman membaca. Sumber data penelitian ini adalah buku bahasa Inggris kelas 11 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014. Alat penelitian yang digunakan adalah table dimensi proses kognitif yang diadaptasi dari Krathwohl (2002).Table yang digunakan terdiri dari enam tingkatan dari dimensi proses kognitif; mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan membuat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tugas pemahaman membaca yang ada di buku bahasa inggris adalah tersebar mulai dari tingkatan mengingat sampai tingkatan membuat. 10 (4.59%) tugas pada tingkat mengingat, 125 (57.34%) tugas pada tingkat memahami, 24 (11.01%) tugas pada tingkat menerapkan, 18 (8.26%) tugas pada tingkat menganalisis, 11 (5.05%) tugas pada tingkat mengevaluasi, dan 30 (13.76%) tugas pada tingkat membuat. Lalu, tingkat tertinggi ranah kognitif pada tugas pemahaman membaca di buku ini adalah tingkat pemahaman sebesar 57.34% dan tingkat terendah adalah tingkat mengingat sebesar 4.59%. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tugas-tugas pemahaman membaca yang terdapat di buku bahasa inggris ini sudah mencakup semua tingkatan kognitif berdasarkan revisi taksonomi Bloom dan memenuhi tingkatan berpikir yang diminta oleh kurikulum 2013.</description><date>2016-08-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2793/1/SKRIPSI%20ALVI%20SYAHAR%202215121568.pdf</identifier><identifier> Alvi Syahar, . (2016) THE COGNITIVE LEVELS OF READING COMPREHENSION TASKS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVENTH GRADERS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2793</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Alvi Syahar, .
title THE COGNITIVE LEVELS OF READING COMPREHENSION TASKS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVENTH GRADERS
publishDate 2016
isbn 202215121568
topic Bahasa Inggris
url http://repository.unj.ac.id/2793/1/SKRIPSI%20ALVI%20SYAHAR%202215121568.pdf
http://repository.unj.ac.id/2793/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis tingkatan ranah kognitif pada tugas pemahaman membaca berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dan relevansinya dengan kurikulum 2013 di buku bahasa Inggris untuk siswa kelas 11. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Juli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Data dari penelitian ini adalah 218 tugas pemahaman membaca. Sumber data penelitian ini adalah buku bahasa Inggris kelas 11 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014. Alat penelitian yang digunakan adalah table dimensi proses kognitif yang diadaptasi dari Krathwohl (2002).Table yang digunakan terdiri dari enam tingkatan dari dimensi proses kognitif; mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan membuat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tugas pemahaman membaca yang ada di buku bahasa inggris adalah tersebar mulai dari tingkatan mengingat sampai tingkatan membuat. 10 (4.59%) tugas pada tingkat mengingat, 125 (57.34%) tugas pada tingkat memahami, 24 (11.01%) tugas pada tingkat menerapkan, 18 (8.26%) tugas pada tingkat menganalisis, 11 (5.05%) tugas pada tingkat mengevaluasi, dan 30 (13.76%) tugas pada tingkat membuat. Lalu, tingkat tertinggi ranah kognitif pada tugas pemahaman membaca di buku ini adalah tingkat pemahaman sebesar 57.34% dan tingkat terendah adalah tingkat mengingat sebesar 4.59%. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tugas-tugas pemahaman membaca yang terdapat di buku bahasa inggris ini sudah mencakup semua tingkatan kognitif berdasarkan revisi taksonomi Bloom dan memenuhi tingkatan berpikir yang diminta oleh kurikulum 2013.
id IOS7130.2793
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:16Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:16Z
recordtype dc
_version_ 1686502324671873024
score 17.538404