PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN MAGNET HURUF HIJAIYAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran papan magnet untuk materi huruf Hijaiyah pada peserta didik kelas I madrasah ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Lee & Owens. Terdapat 5 langkah dalam model pengembangan Lee & Owens, yakni analisis (kebutuhan dan front-end), desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Respoden yang dilibatkan, antara lain satu orang ahli materi, satu orang ahli media, 2 orang pendidik kelas I, dan 43 orang peserta didik kelas I MI Yusufiyah. Hasil penelitian dianalisis dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan Paired Sample menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0 yang menunjukan bahwa nilai rata-rata tes peserta didik mengalami peningkatan sebesar 33,75 setelah menggunakan media pembelajaran papan magnet huruf Hijaiyah (PAMAN HIJAIYAH). Terdapat keterbatasan lingkup penelitian, sehingga penggunaan media belum dapat digeneralisasikan. Namun, media pembelajaran PAMAN HIJAIYAH menarik bagi peserta didik dan dapat dijadikan media alternatif untuk mempelajari huruf-huruf Hijaiyah.