PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat)

Main Author: USWATUN HASANAH, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2746/1/TESIS%20Uswatun%20Bismillah.pdf
http://repository.unj.ac.id/2746/
ctrlnum 2746
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2746/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA&#xD; DI KELAS V SD&#xD; (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD&#xD; Di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat)</title><creator>USWATUN HASANAH, .</creator><subject>Pendidikan Dasar dan Menengah</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng 02, Jakarta Pusat pada kelas V tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan metode eksperimen dan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa, (3) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry training dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa.</description><date>2016-07-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2746/1/TESIS%20Uswatun%20Bismillah.pdf</identifier><identifier> USWATUN HASANAH, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2746</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author USWATUN HASANAH, .
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat)
publishDate 2016
topic Pendidikan Dasar dan Menengah
url http://repository.unj.ac.id/2746/1/TESIS%20Uswatun%20Bismillah.pdf
http://repository.unj.ac.id/2746/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng 02, Jakarta Pusat pada kelas V tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan teknik simple random sampling yang telah dilakukan kepada 60 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan dengan metode eksperimen dan desain treatment by level 2x2. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa, (3) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih tinggi dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, dan (4) hasil belajar IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan model inquiry training lebih rendah dari siswa yang diajarkan menggunakan model group investigation pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inquiry training dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
id IOS7130.2746
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:15Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:15Z
recordtype dc
_version_ 1686502324512489472
score 17.538404