Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar sejarah peserta didik di SMA Negeri 30 Jakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar sejarah adalah tes pilihan ganda dan untuk kemampuan berpikir kreatif adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran sinektik lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe grup investigasi (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif, (3) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran sinektik dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi, (4) hasil belajar sejarah peserta didik yang mengikuti model pembelajaran sinektik dengan kemampuan berpikir kreatif rendah hasilnya lebih rendah dari peserta didik yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe grup investigasi dengan kemampuan berpikir kreatif rendah