Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu pada pembelajaran PPKn dengan strategi learning start with a question. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Petamburan 05 Pagi, Jakarta Pusat yang berjumlah 27 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilakukan selama dua siklus, disetiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui pengamatan/observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa pada siklus I sebesar 59,2% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,8%. Adapun data yang diperoleh dari tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran PPKn dengan strategi learning start with a question pada siklus I sebesar 82,5% dan 85% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 92,5% dan 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi learning start with a question dalam proses pembelajaran PPKn dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa.