STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 7 JAKARTA (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 7 Jakarta Timur)

Main Author: NAZHIFAH, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2708/1/Skripsi%20Nazhifah%20%281335130101%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/2708/
ctrlnum 2708
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2708/</relation><title>STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 7 JAKARTA&#xD; (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 7 Jakarta Timur)</title><creator>NAZHIFAH, .</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran seni tari bagi peserta didik dengan gangguan intelektual ringan di SLB Negeri 7 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat perencanaan yang disesuaikan oleh kemampuan peserta didik. Materi yang diberikan yakni sesuai dengan kemampuan pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi disertai pendekatan klasikal maupun individual. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran seni tari yaitu tape, sound, vcd player, media tergantung pada jenis tarian tersebut. Dalam proses pembelajaran guru memberikan kode dan reinforcement kepada peserta didik. Bentuk evaluasi yang digunakan tes perbuatan. Penelitian ini menyimpulkan strategi yang digunakan oleh guru seni tari sudah baik dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran seni tari.</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2708/1/Skripsi%20Nazhifah%20%281335130101%29.pdf</identifier><identifier> NAZHIFAH, . (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 7 JAKARTA (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 7 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2708</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NAZHIFAH, .
title STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI PESERTA DIDIK DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN DI SLB NEGERI 7 JAKARTA (Penelitian Kualitatif di SLB Negeri 7 Jakarta Timur)
publishDate 2018
isbn 281335130101
topic Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/2708/1/Skripsi%20Nazhifah%20%281335130101%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/2708/
contents Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran seni tari bagi peserta didik dengan gangguan intelektual ringan di SLB Negeri 7 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat perencanaan yang disesuaikan oleh kemampuan peserta didik. Materi yang diberikan yakni sesuai dengan kemampuan pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi disertai pendekatan klasikal maupun individual. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran seni tari yaitu tape, sound, vcd player, media tergantung pada jenis tarian tersebut. Dalam proses pembelajaran guru memberikan kode dan reinforcement kepada peserta didik. Bentuk evaluasi yang digunakan tes perbuatan. Penelitian ini menyimpulkan strategi yang digunakan oleh guru seni tari sudah baik dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran seni tari.
id IOS7130.2708
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:15Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:15Z
recordtype dc
_version_ 1686502324121370624
score 17.538404