ctrlnum 2700
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2700/</relation><title>PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI</title><creator>Nanda Ekawati Hidayat, .</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan untuk peserta didik tunagrahita sedang di kelas XI SLB C Bina Sejahtera Cileungsi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahta sedang kelas XI sebanyak 3 orang. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam membuat telur asin adalah ceramah, demonstrasi dan praktik, media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu dengan hasil pengamatan guru. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran keterampilan membuat telur asin ini menjadi wadah untuk memberi keterampilan dan kemandirian peserta didik tunagrahta. Diharapkan guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran keteramplan dan mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB C Bina Sejahtera sehingga timbul pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik lagi untuk peserta didik.</description><date>2018-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/1/01%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/2/03%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/3/04%20HALAMAN%20ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/4/07%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/5/11%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/6/15%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/7/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nanda Ekawati Hidayat, . (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2700</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nanda Ekawati Hidayat, .
title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI
publishDate 2018
topic Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/2700/1/01%20HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/2/03%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/3/04%20HALAMAN%20ORISINALITAS.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/4/07%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/5/11%20BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/6/15%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/7/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/2700/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan untuk peserta didik tunagrahita sedang di kelas XI SLB C Bina Sejahtera Cileungsi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahta sedang kelas XI sebanyak 3 orang. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam membuat telur asin adalah ceramah, demonstrasi dan praktik, media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu dengan hasil pengamatan guru. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran keterampilan membuat telur asin ini menjadi wadah untuk memberi keterampilan dan kemandirian peserta didik tunagrahta. Diharapkan guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran keteramplan dan mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB C Bina Sejahtera sehingga timbul pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik lagi untuk peserta didik.
id IOS7130.2700
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-02-07T12:27:15Z
last_indexed 2020-02-07T12:27:15Z
recordtype dc
_version_ 1686502324094107648
score 17.538404