PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI
ctrlnum |
2700 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2700/</relation><title>PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI</title><creator>Nanda Ekawati Hidayat, .</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan untuk peserta didik tunagrahita sedang di kelas XI SLB C Bina Sejahtera Cileungsi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahta sedang kelas XI sebanyak 3 orang. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam membuat telur asin adalah ceramah, demonstrasi dan praktik, media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu dengan hasil pengamatan guru. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran keterampilan membuat telur asin ini menjadi wadah untuk memberi keterampilan dan kemandirian peserta didik tunagrahta. Diharapkan guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran keteramplan dan mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB C Bina Sejahtera sehingga timbul pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik lagi untuk peserta didik.</description><date>2018-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/1/01%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/2/03%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/3/04%20HALAMAN%20ORISINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/4/07%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/5/11%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/6/15%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2700/7/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nanda Ekawati Hidayat, . (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2700</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nanda Ekawati Hidayat, . |
title |
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS XI SLB C BINA SEJAHTERA CILEUNGSI |
publishDate |
2018 |
topic |
Pendidikan |
url |
http://repository.unj.ac.id/2700/1/01%20HALAMAN%20JUDUL.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/2/03%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/3/04%20HALAMAN%20ORISINALITAS.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/4/07%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/5/11%20BAB%20I.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/6/15%20BAB%20V.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/7/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unj.ac.id/2700/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan untuk peserta didik tunagrahita sedang di kelas XI SLB C Bina Sejahtera Cileungsi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunagrahta sedang kelas XI sebanyak 3 orang. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam membuat telur asin adalah ceramah, demonstrasi dan praktik, media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu dengan hasil pengamatan guru. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran keterampilan membuat telur asin ini menjadi wadah untuk memberi keterampilan dan kemandirian peserta didik tunagrahta. Diharapkan guru untuk lebih kreatif dalam pembelajaran keteramplan dan mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB C Bina Sejahtera sehingga timbul pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik lagi untuk peserta didik. |
id |
IOS7130.2700 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-02-07T12:27:15Z |
last_indexed |
2020-02-07T12:27:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502324094107648 |
score |
17.538404 |