Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-management untuk mengurangi tingkat kecanduan game online. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII berinisial AS. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B dan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan instrumen kecanduan game online yang memiliki 20 butir pernyataan valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.763. Hasil penelitian menunjukkan intervensi pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan menggunakan teknik self-management dapat mengurangi kecanduan game online. Terbukti dari kecanduan game online AS mengalami penurunan skor setelah diberikan intervensi,yang semula 60 menjadi 35. Hasil ini menunjukkan teknik selfmanagement dapat diterapkan untuk mengurangi kecanduan game online. Kata kunci: Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy, Teknik Selfmanagement, Kecanduan Game Online