PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN DALAM KEBIASAAN DISIPLIN PADA KELAS V SDS AL-BARRA UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR
Main Author: | NADYA EKA PERTIWI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/2696/1/1.%20COVER.pdf http://repository.unj.ac.id/2696/2/3.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.jpg http://repository.unj.ac.id/2696/3/4.%20LEMBAR%20ORISINALITAS.jpg http://repository.unj.ac.id/2696/4/7.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.unj.ac.id/2696/5/11.%20BAB%201.pdf http://repository.unj.ac.id/2696/6/15.%20BAB%205.pdf http://repository.unj.ac.id/2696/7/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unj.ac.id/2696/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis lingkungan dalam kebiasaan disipin kelas V. Subjek penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas V. Penelitian ini dilakukan di SDS Al-Barra Utan Kayu, Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan model Miles and Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis lingkungan dalam kebiasaan disiplin dapat timbul melalui kegiatan peserta didik di sekolah, diantaranya datang ke sekolah tepat waktu, melaksanakan tugas dari guru, serta mendapatkan hukuman apabila melakukan kesalahan atau tidak disiplin. Faktor pendukung dari pendidikan karakter berbasis lingkungan dalam kebiasaan disiplin yaitu adanya pengarahan yang sering dilakukan guru untuk mengingatkan peserta didik untuk disiplin dan menghadapi peserta didik yang tidak disiplin. Sedangkan faktor penghambat dari pendidikan karakter berbasis lingkungan dalam kebiasaan disiplin yaitu kurangnya contoh perilaku disiplin yang diberikan guru di sekolah