Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap kecerdasan interpersonal IPA pada siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas V di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji LIliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilaksanakan uji hipotesis dengan uji – t. hasil penelitian menujukan bahwa siswa yang belajar menggunakan strategi REACT memiliki kecerdasan interpersonal yang lebih tinggi dari siswa belajar menggunakan strategi ekspositori. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi REACT lebih dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dibandingkan strategi ekspositori. Oleh sebab itu, guru perlu memilih strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa.