Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN MentengAtas 01 Pagi Kecamatan Setiabudi melalui penerapan model Active Learning Tipe Student Facilitator and Explaining Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng Atas 01 Pagi, yang beralamatkan di Jl. Rajiman Wedyodiningra Kecamatan Setiabudi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi Kecamatan setiabudi sebanyak 32 orang dan dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2017. Penelitian ini menggunakan penenelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampel random sampling. Pengumpulan data melalui observasi serta pelaksanaan tindakan yang dinilai menggunakan tes evaluasi hasil belajar dan pemantau tindakan aktivitas guru dan peserta didik. Melalui tes evaluasi hasil belajar IPS peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 62,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,3%. Selain itu, hasil pemantauan tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 85% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Sedangkan hasil pemantauan tindakan guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 87,5% dan meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi melalui penerapan Model Active Learning Tipe Student Facilitator and Explaining. Persentase aktivitas guru dan peserta didik juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, dengan menerapkan model active learning tipe student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan.