PENGARUH PENDEKATAN BEHAVIORAL POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Single Subject Research di SLB BC Cempaka Putih Kelas II SD)

Main Author: MUHAMMAD ARIEF, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2669/1/Skripsi%20Muhammad%20Arief%20%281335140074%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/2669/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan behavioral positive reinforcement terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita ringan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas II SDLB Cempaka Putih Jakarta Pusat. Metode dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah single subject research dengan menggunakan desain A-B-A. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis visual kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan behavioral positive reinforcement memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas II di SLB BC Cempaka Putih Jakarta Pusat. Sehingga pendekatan behavioral positive reinforcement dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita ringan.