MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SDN KAYUMANIS 01 PAGI MATRAMAN JAKARTA TIMUR
Daftar Isi:
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT MELALUI PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SDN KAYUMANIS 01 PAGI MATRAMAN JAKARTA TIMUR (2017) Sri Umiyati ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan modifikasi permainan terhadap kemampuan gerak dasar lompat siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2017 di SDN Kayumanis 01 Pagi Matraman Jakarta Timur dengan subjek penelitian siswa kela V yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang diperoleh dalam siklus I presentase hasil tes kemampuan gerak dasar lompat dengan kategori tuntas 63,78% dari 36 siswa kelas V. Presentase hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa adalah 70%, dari 20 butir pernyataan. Pada siklus II presentase hasil tes kemampuan gerak dasar lompat dengan kategori tuntas 88,78% , dari 36 siswa kelas . presentase hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa 90%, dari 20 butir pernyataan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan gerak dasar lompat siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan modifikasi permainan dapat dijadikan sebagai salah satu media mengajar guru untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat siswa. Kata Kunci: Kemampuan, Lompat, Modifikasi Permainan