PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 88 JAKARTA

Main Author: Putri Amanditta, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2606/1/SKRIPSI_PUTRI%20AMANDITTA.pdf
http://repository.unj.ac.id/2606/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 88 Jakarta dari bulan Agustus sampai September 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 88 Jakarta yang berjumlah 569 siswa yang berasal dari 16 kelas, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X IIS yang berjumlah 141 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel yang diambil berjumlah dua kelas yaitu kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 40 soal valid dari 60 soal, dan diperoleh nilai realibilitas sebesar 0,914 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,099) < Lt (0,150) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,140) < Lt (0,150) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2 hi (2,377) < 2 ta (3,84) maka H0 : μ1 ≥ μ2 atau varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 6,888 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 88 Jakarta.