Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat sebanyak 25 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus. Hasil keterampilan sosial pada siklus I adalah 72% dari jumlah siswa yang telah mencapai ≥80 atau hanya 18 orang siswa dan keterampilan sosial siswa pada siklus II meningkat menjadi 84% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥80 sebanyak 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VA SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.