Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan Model Pembelajaran Tipe Scramble pada siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 01 yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan melalui tahapan perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan, refleksi,/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, 60,60% siswa mencapai KKM dan siklus II 100% siswa mencapai KKM. Adapun hasil Instrumen pemantauan tindakan aktivitas guru pada siklus I yaitu 7,75% Meningkat pada siklus II yaitu 10,52%. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajarn tipe scramble dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar PPkn siswa kelas V Sekolah Dasar.